Ciri-ciri anak yang berbakat

Ciri-ciri anak yang berbakat



Dalam bukunya, Meningkatkan Bakat serta Kreatifitas Anak Sekolah, Prof. Utami Munandar menuliskan indikator keberbakatan seperti berikut :

Tanda-tanda Intelektual/Belajar
Gampang menangkap pelajaran, ingatan baik, perbendaharaan kata luas, penalaran tajam (memikirkan logis-kritis, mengerti jalinan sebab-akibat), daya konsentrasi baik (perhatian tidak gampang teralihkan), kuasai banyak bahan perihal beragam tema, suka serta kerap membaca, ungkapan diri lancar serta terang, pengamat yang jeli, suka pelajari kamus ataupun peta serta ensiklopedi. Cepat memecahkan masalah, cepat temukan kesalahan atau kekeliruan, cepat temukan azas dalam satu uraian, dapat membaca pada umur lebih muda, daya abstraksi tinggi, senantiasa repot mengatasi beragam hal.

Tanda-tanda Kreativitas
Dorongan mau tahunya besar, kerap ajukan pertanyaan yang baik, memberi banyak ide serta usul pada satu permasalahan, bebas dalam menyebutkan pendapat, memiliki rasa keindahan, menonjol dalam salah satu bagian seni, memiliki pendapat sendiri serta bisa mengungkapkannya dan tidak gampang dipengaruhi orang lain, rasa humor tinggi, daya imajinasi kuat, keaslian (orisinalitas) tinggi (terlihat dalam ungkapan ide, karangan, dsb. Dalam pemecahan permasalahan memakai beberapa cara orisinal yang tidak sering dipertunjukkan anak-anak lain), bisa bekerja sendiri, suka coba beberapa hal baru, kekuatan meningkatkan atau memerinci satu ide (kekuatan elaborasi).

Tanda-tanda Motivasi
Telaten hadapi pekerjaan (bisa bekerja terus-menerus kurun waktu lama, tidak berhenti saat sebelum usai), ulet hadapi kesusahan (tidak segera putus harapan), tidak membutuhkan dorongan dari luar untuk berprestasi, mau memahami bahan/bagian pengetahuan yang didapatkan, senantiasa berupaya berprestasi sebagus mungkin saja (tidak cepat senang dengan prestasinya), tunjukkan ketertarikan pada beberapa macam permasalahan “orang dewasa” (umpamanya pada pembangunan, korupsi, keadilan, dsb). Suka serta rajin belajar dan penuh semangat serta cepat jemu dengan tugas-tugas teratur, bisa menjaga pendapat-pendapatnya (bila telah meyakini bakal suatu hal, tidak gampang melepas hal yang dipercaya itu), menguber maksud-tujuan periode panjang (bisa tunda pemuasan keperluan sebentar yang mau diraih lalu), suka mencari serta memecahkan soal-soal.

wdcfawqafwef